Kamis, 07 Februari 2013

“Buat saya semua orang punya kebebasan. Setiap orang bebas berekspresi. Walaupun saya tidak setuju, itu hak dia. Gue-gue, elo-elo.”
Suara semacam ini semakin nyaring terdengar ketika beberapa kontroversi muncul akhir-akhir ini.
Kebebasan berekspresi menjadi momok baru. Barangsiapa menghadang, Ia akan dilindas zaman. Diterjang label tidak toleran. Tsunami kebebasan juga turut mendesak iman. Seorang Muslim percaya pada Al Quran. Disana petunjuk hidup, dan kebenaran ditunjukkan. Namun kebebasan memaksa iman hidup berdampingan dengan kebatilan. Anda lurus, tapi homoseksualkan juga berhak eksis. Kamu menutup aurat, tapi biarkan orang menebarnya. Anda boleh tidak setuju, tapi cukupkan saja untuk dirimu. Itukan kebenaran menurut dirimu. Bukan untuk orang lain. Ini alam kebebasan, Bung!
Itulah hakekat kebebasan. Mutlak bagi siapapun dan apapun. Kebenaran cukup disimpan dalam hati. Karena ia menjadi relatif bagi orang lain. Semua orang bisa benar. Jika semua benar, maka tali yang mana tempat kita untuk berpegangan? Toh Ia relatif. Kita pun menjadi mahluk peragu. Jangan-jangan kita bergantung pada tali kebenaran yang salah? Manusia menjadi bingung ketika kebenaran dan kebatilan hidup berdampingan. Ibarat mengamini wahyu sekaligus membiarkan setan menyebar godaan. Lantas perlahan kebenaran menyatu dengan kebatilan. Solat tapi korupsi. Haji tapi mendukung gerakan homoseksual. Muslim tapi mendukung penistaan agama dengan dalih kebebasan berpendapat.

Itulah pertanda lunturnya iman. Padahal imanlah pegangan hidup kita. Dengan iman kita dilahirkan. Telinga kita didengarkan suara azan. Dan wafat dengan disholatkan. Imanlah pangkal kita bertolak. Imanlah pelabuhan terakhir kita bersauh. Dengan iman kita sholat lima kali semalam. Memohonkan "Ihdinash-shiratal mustaqim. Tunjukkan kami jalan yang lurus." Kita memohonkan petunjuk, hidayah agar jalan kita sesuai dengan jalan yang Allah kehendaki. "Iyyakana budu wa iyya kanastain. Jalan yang Allah ridhoi. Bukan jalan orang yang Allah murkai dan bukan pula jalan orang yang sesat." Orang yang Allah murkai ialah orang yang tetap menempuh jalan walaupun ia tahu jalan itu jalan menyesatkannya. Orang yang sesat adalah orang yang terlampau percaya diri kepada diri sendiri sehingga lalai mendengarkan petunjuk. Dengan iman kita hadapi persoalan dalam hidup ini. Dengan kalimat Allah kita kibarkan panji kita. Dengan kalimat itulah kita lukis kehidupan ini, dan dengannya kita hidup ditengah masyarakat. Maka bagaimana pula kita hidup ditengah masyarakat bila kita mendiamkan keburukan tumbuh subur? Mendiamkan dengan dalih kebebasan? Kebebasan yang meluapkan keburukan. Padahal jangankan perbuatan.
Nabi berpesan, berkata yang baik atau diam. Dan Lupakah kita dengan pesan nabi, jika melihat keburukan maka berbuatlah dengan tangan, lisan atau hati. Walaupun itu selemah-lemah iman? Islam tidak mengajarkan kita untuk selamat sendirian. Hidup hanya sholat, puasa, naik haji saja. Islam menuntut kita untuk mengajak pada kebaikan dan mencegah keburukan. Islam menyuruh kita untuk menyebarkan kebaikan walau hanya satu ayat.

Yakinlah ketika Islam menolak sebuah keburukan, maka akan mendatangkan kebaikan bagi sekitar kita. Dan
itulah rahmat bagi seluruh alam. Alam yang akan kita wariskan pada anak cucu kita.
Dan semoga  kelak mereka berlayar di alam itu dengan iman. Karena dengan itulah tempat kita bertolak. Dan itulah pelabuhan tempat bahtera kita bersauh.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Yulianti. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut