Selasa, 07 Mei 2013

Seorang pengembara melanjutkan pejalanannya menuju Puncak Gunung Merapi, setelah lima belas hari menempuh perjalanan akhirnya dijumpai sebuah desa dan mampirlah dia ke sebuah warung.
“Selamat siang tuan” sapa Ibu pemilik warung.
“Met siang bu, ini namanya desa apa ya?" tanya sang pengembara.
“Oh ini namanya desa Bengong Anom” jawab pemilik warung.
“Maaf bu, saya mau tanya jalan menuju ke Puncak Merapi itu kemana ya? tanya sang pengembara.

Ditanya tentang jalan menuju puncak, pemilik warung itu trus mendekati sang pengembara, sambil berbicara perlahan, si Ibu itu menjelaskan
“Begini tuan, dikampung sini itu orangnya memang aneh-aneh, jadi tuan harus hati-hati kalau bertanya nanti di ujung jalan itu (sambil menunjuk) ada pertigaan (ke kanan & kiri), nah dipertigaan itu ada Pos yang selalu dijaga oleh 2orang bapak-bapak tua yang kembar, tapi sifatnya sangat berlawanan” cerita ibu tersebut.
“lho sifatnya berlawanan bagaimana maksudnya?” tanya sang pengembara penasaran.
“Begini tuan, salah satu bapak itu kalau ngomong selalu jujur apa adanya, satunya lagi ngomongnya selalu bohong. Nah tuan nanti tanya saja kepada salah satu bapak-bapak tadi kemana jalan menuju puncak kekiri apa ke kanan ?” cerita Ibu tersebut.
“Tapi hati-hati tuan, ada yang harus tuan ketahui dan ingat. Bahwa kedua bapak-bapak itu tidak mau ditanyai semua, maunya hanya salah satu saja & hanya mau menjawab sekali saja, karena kalau ditanya dua-duanya mereka pasti marah ” lanjut cerita ibu tersebut.
“Maaf bu, ibu tahu nggak bapak yang mana jujur & pembohong?” pengembara kembali bertanya.
“Waduh tuan, orang-orang dikampung sini gak ada yang tahu termasuk saya, maaf ya" jawab si Ibu.
“Baiklah bu akan saya coba untuk menanyakan kepada salah satu Bapak-bapak yang dipertigaan itu, hanya sekali pertanyaan.
Terimakasih ya bu ?” sang pengembara pamit melanjutkan perjalanan.
Sahabat yang baik hati…
Pertanyaan apakah yang harus disampaikan oleh sang pengembara, agar dengan sekali bertanya kepada salah satu bapak yang di pertigaan itu, yg jawabannya nanti bisa membuat sang pengembara tahu arah ke puncak gunung ?

Terimakasih ^_^

by Posting Lie STsetiaku Version III

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Yulianti. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut